MEDIA KOMUNIKASI HUMAS DAN PEMBUATAN PROFIL ORGANISASI


MEDIA KOMUNIKASI HUMAS


A.    DEFINISI

        Media komunikasi humas adalah segala bentuk media yang digunakan oleh seorang praktisi      humas dalam pekerjaanya dengan tujuan mempublikasikan secara luas dengan tujuan agar dapat diketahui oleh masyarakat luas.

B.    JENIS MEDIA KOMUNIKASI HUMAS

1.    Media komunikasi komersial
       Media komunikasi komersial merupakan mitra bagi humas karena melalui media ini memperoleh publitas atau lebih dikenal, baik perusahaan maupun produk/jasanya.  Yang termasuk dalam jenis media komunikasi komersial antara lain :
a.  Surat kabar, media berbentuk lembaran yang merupakan media cetak yang berisi lembaran berita atau halaman peristiwa-peristiwa khusus.
b. Majalah, media humas yang berbentuk  cetakan buku yang digunakan untuk menyebarkan informasi tentang perusahaan atau produknya.
c. Siaran radio, merupakan media yang dianggap lebih berhasil dalam menyebarluaskan informasi humas dikarenakan sifat dasar hubungan radio dengan khalayaknya yang lebih personal..
d. Siaran televisi, merupakan salah satu media yang bersifat umum sebagai jalan dalam penyebaran informasi kepada khalayak humas.
e. Media online, media komunikasi yang paling universal digunakan saat ini untuk komunikasi humas dikarenakan mudahnya dalam mengakses.

2.    Media yang dibuat PR/Humas
media yang dibuat PR/Humas merupakan media yang sifatnyab lebih terbatas, bukan untuk umum. Yang termasuk dengan media di atas antara lain:
a.  House Journal, Merupakan publikasi pribadi yang dibahas secara terpisah dari pers komersial. Seperti : The Sales Bulletin, The Newsletter, The Magazine, The Tabloid Newspaper, The Wall Newspaper.
b.  Annual Report, Merupakan laporan perkembangan dan pencapaian yang berhasil diraih organisasi dalam setahun. Isi dari laporan ini mencakup laporan keuangan dan prestasi akan kinerja organisasi selama satu tahun.
c.  Company Profile, Merupakan gambaran tertulis tentang sebagian fakta perusahaan yang disajikan secara resmi. Filosofi, motto, atau sistem nilai perusahaan disampaikan secara tertulis karena orang memerlukan perenungan untuk menafsirkannya.
d.  Advertorial / Pariwara, Merupakan gabungan yang memberikan dukungan untuk membentuk opini public, terutama membentuk citra dan reputasi perusahaan.
e.  Brosure / Selebaran, Digunakan untuk menciptakan perhatian, pertanyaan – pertanyaan yang harus dijawab, sebagai kampanye persuasif, serta digunakan dalam pameran buku sebagai literature.
f.  Media Kits, Digunakan sebagai informasi awal tentang organisasi, konferensi press dan kasus krisis perusahaan. Isi media kits terdiri dari beberapa informasi penting dan identitas orang yang dapat dihubungi untuk konfirmasi selanjutnya.
g.    Media Sosial Online, Merupakan media online di mana para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi dan meciptakan isi meliputi blog, sosial network, forum dan dunia maya.


C.    CIRI-CIRI MEDIA KOMUNIKASI HUMAS

Ciri-ciri media internal sebagai berikut :
a.Jangkauan serta pembaca humas internal harus dikenali karena akan mempengaruhi gaya
b.Besar kecilnya kuantitas penerbitan akan mempengaruhi metode produksi dan kualitas materi.
c.Jurnal diterbitkan secara berkala dan teratur, memiliki tanggal publikasi tetap.
d.Isi jurnal berisi uraian hal – hal yang sudah terjadi.
e.Setiap jurnal hendak memiliki ciri khas berkaitan dengan isinya.
f.Jurnal internal harus disesuaikan dengan keseluruhan program humas

D.    KEUNGGULAN DAN KELEMAHAN MEDIA KOMUNIKASI HUMAS

a.    Media cetak
Keunggulan :
-    Repetable
-    Analisa lebih tajam
Kelemahan :
-    Lambat
-    Tidak ada audio
-    Visual yang terbatas
-    Produksi
b.    Media elektronik
Keunggulan :
-    Cepat
-    Ada audio visual
-    Terjangkau visual
Kelemahan :
-    Tidak ada pengulangan
c.    Media online
Keunggulan :
-    Sangat cepat
-    Audio visual
-    Praktif dan fleksibel
Kelemahan :
-    Tidak selalu cepat

PENERAPAN PEMBUATAN PROFIL ORGANISASI

A. DEFINISI

     Profil Organisasi disebut juga dengan Company Profile,yaitu berisi gambaran umum perusahaan, di mana perusahaan bisa memilih poin – poin apa yang ingin disampaikan secara terbuka kepada publiknya disesuaikan dengan kepentingan publik sasaran. Dan profil organisasi juga merupakan hasil cetak halam web tentang profil organisasi dengan fungsi sebagai media komunikasi dan alat pemberi informasi tentang perusahaaan anda kepada pihak lain yang membutuhkan.

B. SISTEMATIKA PENYUSUNAN

     Adapun sistematika penyusunan profil perusahaan adalah sebagai berikut :
1.  Nama dan logo perusahaan.
Hal ini dapat mewakili visi, prinsip bisnis dan juga citra produk yang dibuat.  Oleh karena itu bagi banyak perusahaan logo bisa menjadi salah satu elemen yang sakral dan selalu ditempatkan pada bidang yang layak.
2.  Sejarah berdirinya usaha.
Hal ini berguna untuk memberi gambaran kepada pihak lain tentang landasan dan alasan perusahaan berdiri.  Dengan adanya sejarah pembaca diharapkan  dapat membayangkan proses panjang sebuah perusahaan.
3.  Visi dan misi perusahaan.
Memberikan gambaran akan cita – cita yang ingin dicapai oleh perusahaan dalam jangka panjang, serta berbagai upaya yang telah dan akan terus dilakukan oleh perusahaan dalam menggapai cita – cita tersebut.
4.  Kegiatan dan kinerja perusahaan.
Ada beberapa hal yang terkait dengan kegiatan dan kinerja perusahaan di antaranya :
    - Jenis produk yang ditawarkan.
    -Target market perusahaan.
    -Portofolio perusahaan.
    -Laporan keuangan.
    -Kontak perusahaan.

C. TATA CARA PEMBUATAN PROFIL ORGANISASI

     1.    Cover depan (wajib), berisi judul / nama perusahaan.
     2.    Kata pengantar (optional).
     3.    Sejarah singkat (wajib), berisi tentang bagaimana    perusahaan berdiri,dll.
     4.    Visi Misi (optional tapi penting), agar pembaca tahu target perusahaan.
     5.    Produk / Jasa perusahaan (wajib), menjelaskan apa produk  dijual atau jasa yang ditawarkan.
     6.    Kelebihan / why choose us (optional tapi penting), agar mampu membuat yakin dan tertarik.
     7.    Pengalaman perusahaan (optional).
     8.    Gallery foto (optional), agar pembaca dapat mengetahui foto kegiatan perusahaan.
     9.    Daftar klien (optional tapi penting).
    10.    Cover belakang dan kontak informasi (wajib).
    11.    Lainnya (optional), seperti : struktur organisasi, perlengkapan perusahaan, legalitas / scan.

D. KRITERIA YANG HARUS DIPENUHI DALAM MEMBUAT PROFIL ORGANISASI

     a.    Company profile menarik, tidak over, elegan, dan terlihat professional.
     b.    Company profile harus mudah dibaca, singkat dan jelas. Perhatikan juga warna font.
     c.    Bahan cetak company profile semakin bagus makin terlihat professional.
     d.    Company profile harus berisi informasi penting tentang perusahaan anda.
     e.    Terdapat gambar ilustrasi sebagai pelengkap materi.
     f.    Company profile bentuk buku, usahakan halaman kelipatan 4.

Komentar

Postingan Populer